Lembar Kerja Evaluasi - LKE ZI 2024

Ditulis oleh Raden Mirza Abdul Aziz on .

             
A PROSES      PENILAIAN   Pilihan Jawaban  Jawaban  Nilai   %  Dokumen
  I MANAJEMEN PERUBAHAN     5.0     3.33 66.67%  
    1 Penyusunan Tim Kerja 1.0     1.00 100.00%  
      a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ?   Y/T Ya 1   Link
      b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ?   A/B/C/D A 1   Link
    2 Pembangunan Zona Integritas 1.0     0.67 66.67%  
      a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ?   Y/T Ya 1   Link
      b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM?   A/B/C/D B 1   Link
      c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ?   Y/T A 0    Link
    3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM 2.0     0.67 33.33%  
      a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ?   A/B/C/D B 1   Link
      b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas   A/B/C/D B 0    Link
      c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ?   A/B/C/D B 0    Link
    4 Perubahan pola pikir dan budaya kerja 1.0     1.00 100.00%  
      a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ?   A/B/C/D Ya 1   Link
      b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ?   Y/T B 1   Link
      c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi?   Y/T A 1   Link
      d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?   A/B/C/D A 1    Link
  II PENATAAN TATALAKSANA     5.0     3.75 75.00%  
    1 prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama 1.5     1.00 66.67%  
      a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi   A/B/C/D A 0.33   Link
      b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan    A/B/C/D B 0.67   Link
      c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi   A/B/C/D B 1   Link
    2 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2.0     2.00 100.00%  
      a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?   A/B/C B 1   Link
      b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?   A/B/C B 1   Link
      c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?   A/B/C A 1   Link
      d Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?   A/B/C/D A 1   Link
    3 Keterbukaan Informasi Publik 1.5     0.75 50.00%  
      a. Kebijakan tentang  keterbukaan informasi publik telah diterapkan   A/B/C/D B 1   Link
      b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik    A/B/C/D B 0    Link
  III PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR     15.0     10.92 72.78%  
    1 Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi 2.0     0.67 33.33%  
      a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?   Y/T Ya 1   Link
      b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?   A/B/C/D A 0    Link
      c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?   Y/T Ya 0    Link
    2 Pola Mutasi Internal 2.0     2.00 100.00%  
      a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan?   Y/T Ya 1   Link
      b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?   A/B/C/D A 1   Link
      c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?   Y/T Ya 1   Link
    3 Pengembangan pegawai berbasis kompetensi 3.0     1.00 33.33%  
      a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?   Y/T Ya 0    Link
      b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?   A/B/C/D D 1   Link
      c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan   A/B/C/D B 1   Link
      d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.   A/B/C/D B 0    Link
      e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?   A/B/C/D B 1   Link
      f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?   A/B/C/D B 0    Link
    4 Penetapan kinerja individu 4.0     3.25 81.25%  
      a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi    A/B/C/D A 1   Link
      b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya   A/B/C/D A 1   Link
      c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik   A/B/C/D A 0.25    Link
      d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).   Y/T Ya 1   Link
    5. Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai 3.0     3.00 100.00%  
      a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan   A/B/C/D A 1   Link
    6. Sistem Informasi Kepegawaian 1.0     1.00 100.00%  
      a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.   A/B/C/D A 1   Link
  IV PENGUATAN AKUNTABILITAS     10.0     9.29 92.86%  
    1 Keterlibatan pimpinan 5.0     5.00 100.00%  
      a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan   A/B/C/D A 1   Link
      b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja   A/B/C/D A 1   Link
      c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala   A/B/C/D A 1   Link
    2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja 5.0     4.29 85.71%  
      a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada   Y/T Ya 1   Link
      b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil   Y/T Ya 1   Link
      c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)    Y/T Ya 1   Link
      d. Apakah indikator kinerja telah SMART   A/B/C/D A 1   Link
      e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu   Y/T Ya 1   Link
      f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja   A/B/C/D A 1   Link
      g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja   Y/T Ya 0    Link
      h Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten   A/B/C/D B 0   Link
  V PENGUATAN PENGAWASAN     15.0     6.25 41.67%  
    1 Pengendalian Gratifikasi 3.0     2.25 75.00%  
      a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi   A/B/C/D A 1   Link
      b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan   A/B/C/D B 0.5   Link
    2 Penerapan SPIP 3.0     1.00 33.33%  
      a. Telah dibangun lingkungan pengendalian   A/B/C/D D 0    Link
      b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan   A/B/C/D D 0    Link
      c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi   A/B/C/D D 0    Link
      d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait   A/B/C/D A 1   Link
    3 Pengaduan Masyarakat 3.0     0.00 0.00%  
      a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan      A/B/C/D D 0    Link
      b. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti    A/B/C/D D 0    Link
      c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat   A/B/C/D D 0    Link
      d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti    A/B/C/D D 0    Link
    4 Whistle-Blowing System 3.0     3.00 100.00%  
      a. Whistle Blowing System telah diterapkan   A/B/C/D B 1   Link
      b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System   A/B/C/D A 1   Link
      c. Hasil evaluasi atas penerapan whistle Blowing System telah ditindaklanjuti   A/B/C/D A 1   Link
                     
    5 Penanganan Benturan Kepentingan 3.0     0.00 0.00%  
      a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama   Y/T D 0    Link
      b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi   A/B/C/D C 0   Link
      c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan   A/B/C/D C 0    Link
      d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan   A/B/C B 0   Link
      e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti   A/B/C/D B 0   Link
  VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK     10.0     8.78 87.78%  
    1 Standar Pelayanan 3.0     2.38 79.25%  
      a. Terdapat kebijakan standar pelayanan   A/B/C B 0.5   Link
      b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan   A/B/C/D B 0.67   Link
      c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan   A/B/C/D A 1   Link
      d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP   A/B/C A 1   Link
    2 Budaya Pelayanan Prima 3.0     2.40 80.00%  
      a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima   A/B/C/D A 1   Link
      b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media    A/B/C A 1   Link
      c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar   A/B/C A 1   Link
      d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi   A/B/C/D A 1   Link
      e. Terdapat inovasi pelayanan   A/B/C/D D 0    Link
    3 Penilaian kepuasan terhadap pelayanan 4.0     4.00 100.00%  
      a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan   A/B/C A 1   Link
      b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka   A/B/C A 1   Link
      c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat   A/B/C/D A 1   Link
TOTAL PENGUNGKIT 60.0     42.31    
                     
                     
B HASIL                  
  I PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN     20.0     19.15 96%  
      Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal)   15.0 0-4 3.7745 14.15 94.36% Link
      Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti 5.0 0-100% 100 5.00 100.00%  Link
                     
  II KUALITAS PELAYANAN PUBLIK     20.0     16.77 84%  
      Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal)   20.0 0-4 3.354 16.77 83.84%  Link
                     
TOTAL HASIL 40.0     35.92 0.8980713  
                     
NILAI EVALUASI REFORMASI BIROKRASI       78.24