|
|
|
|
|
|
|
A. |
PROSES (60) |
|
|
PENILAIAN |
|
Pilihan Jawaban |
Jawaban |
Nilai |
% |
Dokumen |
|
I. |
MANAJEMEN PERUBAHAN (5) |
|
|
5.0 |
|
|
3.33 |
66.67% |
|
|
|
1 |
Tim Kerja (1) |
1.0 |
|
|
1.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ? |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
2 |
Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) |
1.0 |
|
|
0.67 |
66.67% |
|
|
|
|
a. |
Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ? |
|
Y/T |
Tidak |
0 |
|
|
|
|
3 |
Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) |
2.0 |
|
|
0.67 |
33.33% |
|
|
|
|
a. |
Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ? |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
4 |
Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1) |
1.0 |
|
|
1.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
II. |
PENATAAN TATALAKSANA (5) |
|
|
5.0 |
|
|
3.75 |
75.00% |
|
|
|
1 |
prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1,5) |
1.5 |
|
|
1.00 |
66.67% |
|
|
|
|
a. |
Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi |
|
A/B/C/D |
C |
0.33 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan |
|
A/B/C/D |
B |
0.67 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
2 |
E-Office (2) |
2.0 |
|
|
2.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
3 |
Keterbukaan Informasi Publik (1,5) |
1.5 |
|
|
0.75 |
50.00% |
|
|
|
|
a. |
Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |
|
Y/T |
Tidak |
0 |
|
|
|
III. |
PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15) |
|
|
15.0 |
|
|
10.92 |
72.78% |
|
|
|
1 |
Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2) |
2.0 |
|
|
0.67 |
33.33% |
|
|
|
|
a. |
Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? |
|
Y/T |
Tidak |
0 |
|
Link |
|
|
2 |
Pola Mutasi Internal (2) |
2.0 |
|
|
2.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
3 |
Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3) |
3.0 |
|
|
1.00 |
33.33% |
|
|
|
|
a. |
Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ? |
|
Y/T |
Tidak |
0 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
e. |
Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
f. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
4 |
Penetapan kinerja individu (4) |
4.0 |
|
|
3.25 |
81.25% |
|
|
|
|
a. |
Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik |
|
A/B/C/D/E |
D |
0.25 |
|
|
|
|
|
d. |
Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
5. |
Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3) |
3.0 |
|
|
3.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
6. |
Sistem Informasi Kepegawaian (1) |
1.0 |
|
|
1.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
IV. |
PENGUATAN AKUNTABILITAS (10) |
|
|
10.0 |
|
|
9.29 |
92.86% |
|
|
|
1 |
Keterlibatan pimpinan (5) |
5.0 |
|
|
5.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
2 |
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) |
5.0 |
|
|
4.29 |
85.71% |
|
|
|
|
a. |
Apakah dokumen perencanaan sudah ada |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Apakah indikator kinerja telah SMART |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
e. |
Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
f. |
Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
g. |
Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
h |
Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten |
|
A/B/C |
C |
0 |
|
Link |
|
V. |
PENGUATAN PENGAWASAN (15) |
|
|
15.0 |
|
|
6.25 |
41.67% |
|
|
|
1 |
Pengendalian Gratifikasi (3) |
3.0 |
|
|
2.25 |
75.00% |
|
|
|
|
a. |
Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan |
|
A/B/C |
B |
0.5 |
|
Link |
|
|
2 |
Penerapan SPIP (3) |
3.0 |
|
|
1.00 |
33.33% |
|
|
|
|
a. |
Telah dibangun lingkungan pengendalian |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi |
|
A/B/C |
D |
Error |
|
Link |
|
|
|
d. |
SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
3 |
Pengaduan Masyarakat (3) |
3.0 |
|
|
0.00 |
0.00% |
|
|
|
|
a. |
Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
|
A/B/C |
D |
0 |
|
Link |
|
|
4 |
Whistle-Blowing System (3) |
3.0 |
|
|
3.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? |
|
Y/T |
Ya |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Whistle Blowing System telah diterapkan |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
5 |
Penanganan Benturan Kepentingan (3) |
3.0 |
|
|
0.00 |
0.00% |
|
|
|
|
a. |
Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama |
|
Y/T |
Tidak |
0 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi |
|
A/B/C/D |
A |
0 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
|
|
|
|
d. |
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan |
|
A/B/C |
C |
0 |
|
Link |
|
|
|
e. |
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
|
|
VI. |
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10) |
|
|
10.0 |
|
|
8.78 |
87.78% |
|
|
|
1 |
Standar Pelayanan (3) |
3.0 |
|
|
2.38 |
79.25% |
|
|
|
|
a. |
Terdapat kebijakan standar pelayanan |
|
A/B/C |
B |
0.5 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Standar pelayanan telah dimaklumatkan |
|
A/B/C/D |
B |
0.67 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
2 |
Budaya Pelayanan Prima (3) |
3.0 |
|
|
2.40 |
80.00% |
|
|
|
|
a. |
Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
d. |
Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
e. |
Terdapat inovasi pelayanan |
|
A/B/C/D |
D |
0 |
|
|
|
|
3 |
Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4) |
4.0 |
|
|
4.00 |
100.00% |
|
|
|
|
a. |
Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
b. |
Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka |
|
A/B/C |
A |
1 |
|
Link |
|
|
|
c. |
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat |
|
A/B/C/D |
A |
1 |
|
Link |
TOTAL PENGUNGKIT |
60.0 |
|
|
42.31 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
HASIL (40) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. |
PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20) |
|
|
20.0 |
|
|
19.15 |
96% |
|
|
|
|
Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15) |
|
15.0 |
0-4 |
3.7745 |
14.15 |
94.36% |
|
|
|
|
Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5) |
5.0 |
0-100% |
100 |
5.00 |
100.00% |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. |
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (20) |
|
|
20.0 |
|
|
16.77 |
84% |
|
|
|
|
Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20) |
|
20.0 |
0-4 |
3.354 |
16.77 |
83.84% |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL HASIL |
40.0 |
|
|
35.92 |
0.8980713 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI EVALUASI REFORMASI BIROKRASI |
|
|
|
78.24 |
|
|